Sunday, January 28, 2007

Satwa Unik Sulawesi Utara

J.S. Tasirin

Tanah vulkanik muda Sulawesi Utara menciptakan ekosistem unik yang mendukung kehidupan sejumlah satwa yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia ini. Contoh: yaki (monyet hitam berjambul sulawesi; crested-black macaques; Macaca nigra), tangkasi (tarsius; tarsiers; Tarsius spectrum), manguni (celepuk Sulawesi; Sulawesi scops-owl; Otus manadensis), sampiri (nuri Talaud; Red-and-blue lory; Eos histrio), dan kuse (Sulawesi dwarf cuscus, strigocuscus celebensis)

Kawasan Sulawesi Utara juga merupakan bagian yang penting bagi komunitas fauna Sulawesi secara keseluruhan. Contoh: sengkawor (maleo; Macrochepalon maleo); babirusa (Babyrousa babyrussa), elang Sulawesi (Sulawesi hawk eagle; Spizaetus lanceolatus), dan kuskus (cuscus; Ailurops ursinus).

Sulawesi Utara juga merupakan habitat dari sejumlah satwa yang tersebar di ekoregion Wallacea (ayam hutan merah, Gallus gallus; dan sogili, sidat Sulawesi, Anguilla celebesensis) dan satwa langka yang tersebar luas di dunia (dugong, Dugong dugong; penyu hijau, green turtle, Chelonia mydas; dan penyu belimbing, leather back turtle, Dermochelys coriacea).

1 comment:

koensetyawan said...

Saya mengagumi kekayaan alam sulawesi. Kapan ya bisa ke sana?
Blog yang menarik. Silakan kunjungi blog saya juga di koensetyawan.blogspot.com. Salam kenal!